Sabtu, 26 Februari 2011

Penyakit Maag

Penyakit maag,adalah salah satu penyakit yang ternyata tidak bisa diremehkan. Karena penyakit maag biasanya sering dianggap sepele. Tidak jarang yang menderita sakit maag biasanya lupa kalau mereka sebenarnya menderita maag. Malahan justru mengacuhkan pantangan yang harus dihindari agar maag-nya tidak kambuh.
Maag,biasa disebut juga penyakit radang lambung. Jika keadaannya sudah parah (akut),ternyata bisa menyebabkan pendarahan hingga penderita maag bisa mengalami muntah yang mengandung darah. Bahkan,saya pernah mendengar ada orang-orang yang meninggal karena penyakit maag (akut).

Setahu saya yang menyebabkan sakit maag biasanya ada dua hal.

Yang pertama yaitu pola makan yang tidak teratur.
Jika pola makan tidak teratur,lambung memproduksi asam (asam lambung) dengan jangka waktu yang teratur. Jadi saat tidak ada makanan yang akan diolah,lambung terus bekerja untuk memproduksi asam. Dan bila ini berlangsung terus menerus,perut akan menjadi mual dan perih.

Yang kedua bisa dikarenakan stress.
Pada keadaan stress,ini karena syaraf di otak berhubungan dengan lambung. jika seseorang mengalami stress,maka ia akan mengalami ketidak seimbangan pada lambungnya,lalu merangsang sel-sel di dalam lambung yang memproduksi asam secara berlebihan.


Jadi.. Buat yang menderita maag,jangan lupa merubah pola makan menjadi teratur dan menghindari stress. Memang,itu bisa jadi hal yang sulit,terutama bila terlalu sibuk,atau kondisi keuangan (jika anak kost,biasanya lho..) menurut saya yang juga pernah kost.. ^_^. Akan jadi faktor seseorang bisa menderita maag. Kurangi makanan yang mengandung asam,pedas,atau santan. Karena itu adalah makanan yang harus dihindari bagi penderita maag.

Berhubung saya juga penderita maag,saya menganggap sedikit info tentang penyakit maag ini bermanfaat buat siapapun. Jadi,hati-hati dengan penyakit maag. Karena saya pernah merasakan perihnya saat maag lagi kambuh.
Coba deh banyak minum air putih,pola makan teratur,jangan keseringan minuman berkarbonasi (softdrinks)karena itu mengandung gas..
Jauhi pula makanan pedas,asam dan yang mengandung santan,juga jangan sampai terlalu lelah karena itu bisa mengakibatkan stress.
Jaga kesehatan ya...

Tidak ada komentar: